ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

"Negeri Pelangi" Buku Catatan dan Sejarah Ras Muhammad
MJrasta.com - Setelah merilis beberapa album, penyanyi yang sekaligus icon regga Ras Muhamad kini meluncurkan sebuah buku yang berjudul ‘Negeri Pelangi’. Buku ini merupakan catatan Duta Reggae Indonesia―Ras Muhamad―ke Ethiopia, negera yang terletak di belahan benua Afrika yang merupakan cikal bakal lahirnya musik reggae.

Di mata orang kebanyakan atau bahkan oleh komunitas reggae di Indonesia sendiri menganggap bahwa reggae hanya sebatas musik pantai dengan panorama pohon kelapa dan musik yang tak terlalu memikirkan masa depan. Begitu pula anggapan yang melekat kepada penggemar musik bergenre reggae yang acap kali dikonotasikan dengan narkoba dan huru-hara. Padahal jika dicerna isi/lirik lagu yang dibawakan oleh para pendahalu musisi reggae, pergerakan reggae ini sarat bercerita tentang kebangsaan, nasionalisme, keberagaman, pluralisme, dan toleransi.

Melalui karya perdananya dalam bentuk tulisan ―Negeri Pelangi―, Ras Muhamad menjelaskan dan meluruskan anggapan-anggapan tersebut secara detail. Buku yang terilhami dari sebuah perjalanannya ke negera yang memiliki ibu kota Addis Ababa ini juga mengupas benang merah ikatan filosofis dan hubungan sejarah antara Etiopia di Afrika dengan Jamaika di Karibia. Begitu juga dengan semangat Asia-Afrika yang merupakan napas Dasa Sila Bandung yang digagas oleh Bung Karno.

Lebih lanjut, buku ‘Negeri Pelangi’ ini mengkaji lebih dalam sosok-sosok penting seperti Bob Marley, Marcus Garvey, Kaisar Haile Selassie dan Pergerakan Rastafari, negara Jamaika, sejarah, reggae dan banyak lagi kandungan penting yang harus diketahui oleh para pecinta reggae, seperti kandungan yang terdapat dalam lirik lagu-lagu Bob Marley.

Bisa dikatakan buku ini adalah sebuah dokumentasi “perjalanan spiritual” Ras Muhamad sebagai Duta Reggae Indonesia ke Ethiopia. Sebuah negara di belahan benua Afrika yang tidak banyak orang mengenalnya secara luas. Bahkan masih melekat dalam benak kita, bila mendengar Etiopia maka yang terbayang adalah kesedihan, kelaparan, kebodohan, penyakit, dan kemiskinan. Persepsi tersebut masih hidup hingga sekarang karena pada masa ‘Perang Dingin’ lalu dan Ethiopia ketika itu dikuasai rezim komunis memang mengalami hal negatif seperti itu. Tapi kini setelah pemerintahan demokratis berkuasa, negeri ini mengalami kemajuan yang luar biasa berkat sikap ‘visoner’ yang dimiliki almarhum Perdana Menteri Meles Zenawi yang berkuasa sejak tahun 1994 hingga wafatnya tanggal 21 Agustus 2012.

Buku negeri pelangi

Buku setebal 204 halaman ini disertai dengan foto-foto dokumentasi selama perjalanan Ras Muhamad menyusuri tempat-tempat bersejarah serta momen-momen penting selama di Ethiopia. Kemasan menarik lainnya adalah CD lagu-lagu pilihan terbaik pergerakan Rastafari oleh Asia-Afrika soundsystem yang selaras dengan tema buku ini. Tentunya, terdapat pula single terbaru bertajuk “Negeri Pelangi” berkolaborasi dengan musisi reggae legendaris Indonesia, Toni Q.

Ras Muhammad secara resmi meluncurkan buku ‘Negeri Pelangi’ pada 17 Februari 2013 di Jakarta dihadiri oleh berbagai tamu undangan, pengamat musik, penerbit, para musisi reggae yang sekaligus mendukung acara launching party, awak media, dan para fans –pecinta reggae.Buku

Judul buku : Negeri Pelangi - Catatan Perjalanan Duta Reggae Indonesia ke Etiopia

Penulis : Ras Muhamad D.R.I

Bonus : CD Lagu “Negeri Pelangi” etc. + Stiker

Penerbit : Galang Pustaka (Galangpress Group)

ISBN : 978-602-8174-91-6

Jumlah hlm : xvi + 188 (BW + Full color)

Harga : Rp 60.000

More info follow twitter @NegeriPelangi_

Sumber : kompasioana

About MJrasta.com

Memperlebar sayap dengan menyebarkan info melalui media pergerakan. Gabung di Fanpage, Twitter kami untuk informasi melalui media sosial.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
This is the last post.

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top