ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Sejarah Musik Reggae
MJrasta.com - Musik terdiri dari banyak genre, seperti genre rock, pop, punk, metal, rap, country, blues, jazz, electronic, R&B, hip hop, dan lain-lain. Salah satu genre musik yang cukup populer saat ini adalah genre musik reggae.

Musik reggae memiliki ciri khas yang berbeda dari genre musik yang lainnya. Antara lain adalah irama musik yang lebih pelan dan berirama serta menggunakan tempo yang cenderung lebih lambat. Musik reggae sendiri berasa dari negara Jamaika. Beberapa musisi reggae banyak berasal dari Jamaika, meski kini sudah ada banyak musisi dan penyanyi reggae lain di seluruh dunia. Dengan semangat rastamania yang menyerukan kebebasan, reggae pun bukan hanya dianggap sebagai musik, namun juga sebaga gaya hidup dan pedoman. Meski begitu, reggae juga melalui perkembangan dan pembentukan panjang hingga bisa menjadi populer seperti sekarang ini.

Sejarah kelahiran musik reggae diduga terjadi pada sekitar tahun 1968. Saat itu, di kalangan masyarakat Jamaika, musik dengan tempo lebih lambat lebih digemari dibandingkan dengan musik ska dan rocksteady. Musik dengan tempo lambat ini kemudian disebut dengan musik reggae dan mulai edi negara Jamaika. Hal ini lah yang kemudian membuat negara Jamaika itu sendiri disebut sebagai tempat asal mula yang pertama kali mempopulerkan musik reggae.

Filosofi nama Reggae
Kata reggae itu sendiri diduga berasal dari logat dalam kamus bahasa Afrika. Dalam bahasa Afrika, kata reggae berarti gerakan badan yang menari sesuai dengan irama musik yang dibunyikan. Hal ini mungkin cocok dengan reggae yang menghadirkan irama lambat yang membuat badan bergerak sesuai irama. Musik reggae banyak dipengaruhi oleh genre musik yang lainnya, seperti R&B, soul, dan musik mento yang merupakan musik daerah rakyat Jamaika.

Masa Kejayaan Reggae
Pada tahun 1972, kehadiran Bob Marley and The Wailers yang sukses merilis album reggae Catch A Fire mampu melambungkan musik reggae ke seluruh penjuru dunia. Hal inilah yang kemudian menjadikan nama Bob Marley menjadi salah satu ikon reggae di dunia. Ia dikenal konsisten menyanyikan lagu-lagu reggae yang sukses menjadi hits dan populer. Bob Marley bahkan menjadi salah satu musisi paling berpengaruh sepanjang masa dan menjadi tokoh penting dalam industri musik sepanjang masa.

Beberapa musisi terkenal lain yang sempat membawakan lagu reggae di Amerika Serikat antara lain adalah Eric Clapton, Paul Simon, Lee 'Scratch' Perry dan UB40. Kehadiran penyanyi-penyanyi tersebut mampu kian membuat reggae menjadi populer. Di era modern ini pun musisi reggae banyak bermunculan baik berupa grup atau penyanyi solo. Indonesia pun juga tidak ketinggalan dengan cukup banyaknya musisi-musisi reggae yang bermunculan, seperti Tony Q, Shaggy Dog, Steven and the Coconutz Treez, Souljah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Irama reggae pun kemudian mempengaruhi aliran-aliran musik pada dekade setelahnya. Subgenre dan jenis-jenis reggae pun muncul akibat perpaduan reggae dengan aliran musik lain. Beberapa contoh varian musik reggae antara lain adalah reggae hip hop, reggae rock, blues, dan lain-lain.

About MJrasta.com

Memperlebar sayap dengan menyebarkan info melalui media pergerakan. Gabung di Fanpage, Twitter kami untuk informasi melalui media sosial.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top