ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5


MJrasta.com - Andai Bob Marley masih hidup, pada pekan mendatang, ia akan merayakan ulang tahunnya yang ke-70. Tepatnya, pada 6 Februari 2015.

Demi mengenang sang musisi legendaris, warga Jamaica, kota asal Marley, menggelar festival selama enam hari berturut-turut mulai kemarin (1/2). Sederet artis yang memeriahkan festival ini, antara lain Lutan Fyah, Anthony Cruz dan Mackie Conscious.

Bob Marley Museum bakal jadi tuan rumah simposium yang membahas pengaruh reggae bagi ranah musik, fesyen, dan budaya, tepat pada hari ulang tahun Marley.

Grammy Museum juga mendeklarasikan 6 Februari sebagai Hari Bob Marley di museum tersebut. Berselang dua hari menjelang perhelatan Grammy pada 8 Februari di Los Angeles, AS.

“Grammy Museum akan merayakan ulang tahun ke-70 Bob Marley dengan memproklamirkan 6 Februari sebagai Hari Bob Marley,” kata direktur museum Bob Santelli. Di luar itu, tak ada perayaan istimewa lainnya.

Musik khas Marley telah menginspirasi dan mempengaruhi ranah seni, musik, fesyen, politik dan budaya di seluruh penjuru dunia.

Marley tak hanya dikenang atas bakat musikalnya saja, juga hal-hal sederhana, dari sikap membumi sampai gairahnya menyebarkan pesan cinta dan keadian sosial khas Rastafarian lewat musik.

Penulis Roger Steffens pernah menyatakan pada 2001, Marley punya magnet berbeda dibanding ikon musik lain, macam Elvis Presley, Michael Jackson, dan The Beatles.

"Jarang ada orang mengenakan busana bergambar wajah personel The Beatles, kecuali wajah John Lennon yang tampak lesu itu. Begitu juga Elvis, Michael Jackson, Bob Dylan atau Madonna," katanya.

"Tapi Marley beda. Ada begitu banyak ikonografi berwajah Marley yang sudah berdar sejak lama dan menjadi bahasa universal baru, simbol kebebasan di seluruh dunia," Steffens menambahkan.

Tentu saja, wajah Marley tak hanya menghiasi simbol-simbol kebaikan. Wajah sang pecandu mariyuana ini tertera di kemasan Marley Natural, merek internasional mariyuana.

Hari jadi Marley juga akan dirayakan dengan meluncurkan musik karyanya yang selama ini belum pernah dirilis. Menurut laman Rolling Stone, CD/DVD baru Marley siap dirilis pada 17 Februari mendatang.

sumber : cnnindonesia.com

About Nasrul Ma Arif

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top